Kepergian Mereka....


Gue mau membayar hutang postingan tentang kepergian Mama Ayah. Harusnya udah lama banget neh di post tapi selalu nunggu mood hehe... Oke langsung aja yak!

Jadi ceritanya ini kisah (ceileee kisah) sekitar 7 tahun silam yaitu tahun 2005. Kalau ngga salah waktu itu hampir sekeluarga sakit yaitu gue, Ajeng sama Ayah. Kira-kira bulan Juni awal. Tapi gue udah mulai sembuh dan Ajeng (anak teh Tika) juga mulai membaik kondisinya tinggal Ayah yang masih belum beranjak dari tempat tidur. Tapi ya memang seperti biasa sih Ayah memang begitu kalau sakit lama, maklum udah lanjut usia. Waktu itu juga ada orang yang khusus ngurusin ayah kaya mandiin, siapin makan, dll kebutuhan ayah namanya Amir. Nyebelinnya naudzubillah deh lama-lama dia kurang ajar, soalnya merasa disayang gitu sama Ayah Mama bilang aja gue sirik karena perhatian jadi kurang. Kelamaan kalo Amir dipanggil Ayah ngga mau nyautin, diem aja pura-pura budeg. Langsung aja gue bentak dia "Mir dipanggil Ayah bukannya nyautin budeg apa?!! Lo digaji buat kerja bukan buat numpang budeg!!" Saking gue emosinya waktu itu sama dia soalnya kasian Ayah udah manggil dia malah ngga nyamperin.

Nah besokannya gue sekolah dan lagi Class Meeting gitu karena abis UAS. Seperti biasa gue pamitan dan salim sama Ayah pas mau berangkat sekolah. Dan Ayah sempet bilang "sok sekolah sing bener, didoakeun ku Ayah sing pinter". Gue itu anak yang bisa dibilang cuek dan jutek sama Ayah dan saat beliau ngomong gitu gue melengos aja. Seminggu sebelumnya, sebelum gue sama Ayah sakit, Ayah kan suka duduk di kursi depan rumah sambil liatin pemandangan yang aduhay indah karena menghadap ke sawah dan jalan pokoknya bikin tenang gitu liatnya. Nah gue ngelewat depan Ayah dari halaman belakang mau masuk ke dalem, eh Ayah ngga biasanya pegang tangan gue pas lewat dan bilang "ini nih anak Ayah yang paling judes" tapi Ayah bilangnya ngga sambil marah atau ketus tapi dengan ketawa aja gitu. Dan lagi gue cuek aja.. Terus kalau ditanya "Na, udah makan belum, nih kalau mau beli rendang di Kantin depan" tapi gue jawab "UDAH!!!" Dengan nada ketus sambil melengos tanpa lihat Ayah.

Minggu, 19 Juni 2005 21.00 itu di rumah pada ngumpul anak pertama, ke empat dan ke lima serta gue. Kita bercanda-canda.. Terus Ayah manggil Mama.. "Ma,,, haus..." Terus gue sama Mama nyamperin dan Mama suapin Ayah air zamzam pake sendok ke mulut Ayah. Karena saat itu Ayah ngga kuat untuk bangun. Gue yang saat itu sadar harus menjauhkan ego gue dan ngeliat 'ini Ayah gue lagi sakit, gue pengen ngerawat dia' entah...itu timbul di benak gue seketika ngga biasanya banget hahaha.  Terus jam 22.00 Ayah tuh keringetan dingin, gue balurin pake minyak kayu putih. Waktu itu Ayah wangiiiiiiiiiiii banget. Bener-bener wangi deh secara Ayah kan sakit dan beberapa hari ngga mandi tapi aneh kan? Nah abis itu Ayah sempet bilang "Ma...cape.. Cape..." Mama sih diem aja sambil terus ngobrol sama T.Sri. Ayah keringetan, gue seka keringetnya..
Jam 23.50 Ayah manggil Mama lagi mungkin pengen ada mama disampingnya, sekalian gue juga nemenin, Mama pegangin tangan Ayah sambil liat jam dan diucapkan segala "jam 12 kurang 10 menit". Eh pas kita nengok lagi ke Ayah itu Ayah matanya diem aja kaya liat ke langit-langit bengong tapi diem aja. Terus gue panggil-panggil "Ayah...Ayah.." Tapi diem aja. Mama akhirnya dengerin detak jantungnya, terus bengong. Gue tanya kenapa dan Mama bilang ko ngga ada detaknya. Gue kaget dan gue inget pelajaran IPA kalau mau tau orang masih hidup atau ngga, periksa nadinya yang di pergelangan tangan, di leher samping sama nafasnya di hidung. Gue lakukan itu semua dan hasilnya NIHIL! Gue ngga nemuin nadi dan nafas Ayah. 

Terus gue panggil T.Sri, lalu T.Ira tapi dia ngga mau bangun. Terus panggil K.Bhakti dan akhirnya panggil tetangga. Sumpah panik abis kita saat itu. Mana rumah itu jarak tetangganya jauh-jauh. Gue duduk samping Ayah dan teriak sambil nangis "Ayah bangun...bangun..."  Lalu Mama nutupin mata Ayah yang masih kebuka. Sumpah..Mama tegar banget ngga histeris dan tetap tenang didepan anak-anaknya. Saat itu jam 01.00 malem, gue langsung inisiatif telepon ke sodara-sodara dan temen gue. Jam 02.00 Ayah dimandiin tapi gue menolak. Kata gue kasian donk kalau dimandiin malem gini kedinginan tapi tetangga bilang biar ngga kelamaan dan semakin kaku. Sumpah gue sedih banget tapi ngga bisa airmata keluar. Gue cuma bengong liatin Ayah dibaringkan dan terbujur kaku didepan gue, di tengah rumah ditutupi kain kafan dan kain batik gitu. Gue pegang tangan Ayah, dingin dan kaku. Gue disitu bilang "Ayah..maafin Anna...banyak salah sama Ayah" sedih tapi cuma bisa bengong sebengong-bengongnya.

Ngga berapa lama temen-temen, guru dan pacar (sekarang mantan) dateng sebagai bentuk simpatik mereka ke gue. Mereka nemenin sampe pemakaman! Alhamdulillah masih banyak yang perhatian.
Pas Ayah dimasukin ke liang kubur, gue nangis histeris, NGGA RELA. Tapi semuanya pada meluk dan nahan gue supaya ngga jatoh karena udah lemes banget itu kaki. Setelah pemakaman di rumah gue itu lemes banget. Laper tapi sangat tidak nafsu makan dan ketiduran di teras rumah lalu kebangun dan lanjut tidur habis magrib sampe jam 11 malem merasa lapar dan bangunin mama minta temenin makan hehe. 
Lanjut tidur, dikamar Mama dan peluk Mama. Disitu gue mimpi Ayah manggil Mama dari luar jendela kamar "Ma, ayo atuh Ma" terus Ayah pergi. Dan masih setengah tidur setengah bangun, kaya ada yang megang kuping gue tapi tangannya dingiiiiiin banget. Gue langsung bangun tapi ngga berani buat melek.. Paginya gue ceritain ke Mama tapi Mama cuma senyum.
Tahlilan berlanjut sampe ke 40 hari, dan Yasin yang dibagikan menimbulkan masalah di keluarga besar.
Adik-adik ayah yang se-ibu ngga terima dengan jumlah saudara yang tertera di Yasin itu.
Seharusnya kan gini :'Anak pertama dari dua belas bersaudara' tapi malahan 'belas'-nya itu ga kecetak.
Sontak semua pada protes adik-adiknya.
Memang sih ayah punya adik yang seayah seibu hanya 1 jadinya 2 bersaudara. Kenyatannya, dari yang se-Ayah 6 bersaudara dan dari yang se-ibu 6 bersaudara juga. Sampe akhirnya semua KOMPAK ngga mau dateng ke tahlilan 100 harian karena masih marah.
Mama stres...beban semakin bertambah karena dijauhin sama adik-adik iparnya yang berakibat sakitnya kambuh.

Sebelum Mama dibawa ke Tangerang buat berobat, gue, T.Tika & anaknya selalu tidur bareng Mama. Gue suka perhatiian kalau tengah malem Mama suka bangun sendiri, duduk di kasur terus ngelamun.
Pas ulang tahun gue yang ke-17 rasanya pincang banget karena Ayah udah ngga ada. Berarti tahun lalu ulang tahun gue dirayakan terakhir bareng Ayah.
Mama yang sakitnya tambah parah diantar ke Tangerang untuk perawatan (lagi).

Dan gue inget banget tanggal 17 Agustus malem, diluar rumah kaya ada suara Ambulans lewat, terus ada yang potong kuku di dapur padahal ngga ada siapa-siapa. Gue kepikiran Mama.... Gue putuskan untuk telpon ke Tangerang ngomong sama Mama walau sempet berantem dulu sama T.Tika karena dia bilang "ngapain sih telpon segala mahal tau! Doain aja biar cepet sembuh" tapi gue keukeuh. Ngomong di telpon sama Mama, taunya nafas Mama lagi tersengal-sengal. Obrolan waktu itu cuma gini :
Gw : "Ma, Mama gimana udah sehat belum"
Mama :"Neng Anna jangan main aja ya, Mama percaya sama Neng Anna, mana T.Tika Mama mau ngomong". Lalu gue kasih telponnya, gue nangis antara kangen banget, sedih n marah sama diri gue sendiri kenapa gue baru umur 17 tahun. Kenapa bukan gue aja yang jadi kakak mereka biar gue yang ngurus mereka disana.

Besoknya, sekolahan gue pawai keliling Kota Cianjur sebagai partisipasi HUT RI. Pulangnya, gue main dulu ke daerah rumah lama dan ketemu temen, tapi gue pengennya pulang mulu. Kata temen gue Mala : "Nanti aja sih pulangnya ngapain buru-buru" 
Pas mau jalan pulang, hp bunyi. Dari papa bogor (adiknya mama).
Papa : "Na, Mama mau dibawa pulang kemana. Garut apa Cianjur?"
Gw : "Hah??? Mama mau pulang? Anna ngga tau"
Papa: "Oh Yaudah"

Pikiran gue saat itu ada
Ah SENENG. Karena Mama mau pulang artinya sudah sembuh. HOREEE... Gue ngga ada pulsa, gue ke wartel deket situ dan telpon ke rumah T.Rina di Tangerang.

(Yang angkat telpon T.Sri)
Gw : " T.Sri, emang Mama mau pulang?
T.Sri : "Iya mau, kamu siap-siap ya dirumah" (suaranya bindeng dan gue heran)
Gw : "T.Sri kenapa suaranya ko gitu?" (Telpon langsung diambil alih Mas Ari *suami T.Rina)
Mas Ari : " iya Na Mama mau pulang, T.Tika suruh pulang ya telpon ke kantornya. Beres-beres di rumah)
Gue : "Tapi sore Anna ada les"
Mas Ari : "Udah ngga ada les-les segala. Tungguin Mama di Rumah!!!"

Gue telpon ke T.Tika... Dia ngotot ngga mau pulang, dan bilang "Ngapain sih orang lagi kerja nyuruh pulang nanti juga ketemu Mama pulang kerja!!!"
Gue suruh aja Mas Ari telpon dia, nurut deh.

Yaudah gue pulang tapi gue mampir ke sekolahan karena disana ada temen-temen. Gue bilang ngga akan les.
Mau nyampe rumah, tetangga nanya "Neng....Mama teh maot???? *meninggal.
HAAAAAAAAAHHHH????? Gue kaget, ngga gue jawab langsung masuk rumah.
Dan di rumah sepupu gue dan tetangga yang lain udah beresin rumah,kursi,karpet. Gue tanya ngapain???
Abang bilang "nini meninggal" 
Gue shock, lemes, jatuh, nangis, dan histeris.
Dan gue teriak-teriak ngga karuan "Mamaaaaaaaa....kenapa tinggalin Anna. Katanya Mama mau tinggal sama Anna kalau udah nikah, mau urusin cucu Mama,, sekarang Anna ngga punya siapa-siapa lagi" terus diulang kata-kata itu..
Karena masih pake seragam, gue ganti kaos langsung beranjak ke rumah lama buat ngabarin kesana sekalian ke wartel ngabarin temen. Semua kaget,,, pas pulang lagi gue nunggu diteras. Gue telpon T.Ira ngga aktif nomornya. Karena dia yang nemenin Mama di Ambulans buat dibawa pulang.
Sampai di sebrang kelihatan ambulans nya, gue gemeter dan merasa ngga siap kalau harus liat Mama udah tidur tanpa bisa bangun lagi. Ambulans itu masuk ke garasi, T.Ira keluar langsung meluk gue yang histeris sambil bilang "sabar sayang". Gue bilang "Anna mau tinggal sama siapa sekarang, udah ngga ada Mama"  dan dia bilang "kamu masih ada kita-kita"

Lalu jenazah Mama dibawa ke dalem rumah, tetangga siapin untuk pemandian, gue siapkan mukena dan ada yang nanya "kamu mau ikut mandiin?" Gue pun ngangguk.
Gue mandiin Mama, tapi ngga kuat karena sedih liat Mama yang biasanya senyum tapi sekarang kaku, ngga bergerak.
Bulan April sebelumnya memang T.Sri cerita "Kata dokter Mama udah ngga bisa disembuhin, waktunya cuma 3 bulan lagi". Gue melongo, yang selama ini biasanya gue denger kata-kata itu di sinetron, kejadian sama gue. Tapi dari situ gue lupa, menyenangkan diri sendiri dan optimis Mama pasti sembuh. Tapi Allah lebih sayang sama Mama.
Sodara-sodara berdatangan, gue yang paling histeris hari itu, semua berebut meluk hue *PD*

Mama pernah bilang, kalau Mama meninggal ngga mau dimakamin di TPU itu. Tapi kata yang lain, ngga ada waktu kalau harus dibawa ke Garut, udah kemaleman dan Mama harus dimakamin sekarang. Ya apa boleh buat gue cuma anak kecil yang ngga penting didengerin, setidaknya gue udah menyampaikan amanat itu. Malemnya langsung dimakamin tepat disamping makam Ayah. Semua temen-temen gue dan pacar (sekarang mantan) dateng, padahal dia ngga gue kasihtau. Tapi gue ngga nyamperin dia (ceritanya lagi berantem waktu itu hahaha *curcol) (pooh jangan marah ya kalo baca ini :D). Selesai dikubur, hujan deras dan waktu itu malem jumat. Kita bubar....
Sampai seminggu setelah Mama pergi, gue masih depresi. Ngelamun, maunya sendirian, nangis, dan ngomong sendiri seakan ngomong sama Mama "Ma, Anna sendirian kenapa Mama pergi ninggalin, Anna sama siapa sekarang"
Sampe semua teteh dan om berinisiatif mindahin sekolah gue dan tinggal sama salah satu dari mereka. Bahkan Om gue yang istrinya guru di Sma Kornita Bogor udah ngajuin pindah dibolehin karena harusnya sih ngga boleh kalau udah Kelas 3 SMA soalnya mau ujian, data siswa udah ada di DepDikNas jadi ngga bisa sembarangan pindah takutnya hasil ujian nanti datanya ngaco. Ada yang ngajak pindah ke Tangerang, Sukabumi, Bandung. Wah seneng sih mereka peduli. Tapi gue memutuskan tetap di Cianjur sampe lulus. Setelahnya, gimana nanti mau kuliah atau ngga karena stres ditinggal Mama. 

Sehari setelah Mama pergi gue udah masuk sekolah sih walaupun kebijakan dari sekolah maksimal seminggu untuk berduka. Tapi gue rasa kalau di rumah terus nanti gue malah tambah stres. Dan juga keinget ada ulangan Biologi wkwkw, salahsatu pelajaran favorit gue. Guru B.Indonesia, Bu Agnes sampe nanya "Turut berduka cita ya, maaf ibu ngga dateng, tapi ko kamu udah masuk sih" dan gue jelasin di sekolah ada temen-temen dan guru yang bikin gue jadi terhibur dan ngga ngerasa sendirian.
Alhamdulillah....mereka bener-bener bikin gue terhibur...

Setelah kepergian Mama gue mulai disibukkan sama kegiatan di Sekolah. Karena udah mau kelulusan juga. Yang bikin gue kuat dan merasa mampu untuk ikut UAN adalah ya keluarga di sekolah. Luar biasa.
Pikir deh, kalau ngga ada mereka yang ngibur dan support, mana bisa gue ngadepin hidup apalagi UAN yang notabene sebagai penentu gue jadi "orang" apa ngga. Dalam setahun dtinggal orangtua sekaligus yang jaraknya hanya 40 hari, ulang tahun yang ke 17 yang harusnya mereka ngeliat anaknya mulai dewasa, dan UAN yang harusnya mereka ngadirin wisuda gue. Sedih....tapi Alhamdulillah...

Hikmah yang gue ambil dari kejadian 2005 adalah...mungkin Ayah sama Mama udah percaya di umur gue yang mulai memasuki kematangan ini gue bisa "ditinggal", sudah bisa melanjutkan dan menentukan hidup gue sendiri bahkan sampai tanggung jawab sama pilihan. 
Makasih Ayah, Mama...
Sudah menjadikan Anna sampai seperti ini, aksih sayang kalian ngga akan pernah terbalas dan tergantikan. Izinkan Anna bahagiakan kalian dengan cara lain yang mungkin belum sempat kalian lihat semasa dulu. 
Doakan Anna supaya bisa bikin kalian bangga...

 
I love you Ayah, Mama....
 
 
 



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar dibawah sini ya ^^,