Uang Bukanlah Segalanya

Gue berpikir hidup ini harus seimbang. Antara kebutuhan materil dan moril. Gue ada cerita nih, kisah gue sendiri. 
Jadi, dulu itu gue tinggal di Cianjur sama Ayah Mama. Hidup kita itu bisa dibilang berkecukupan. Meski ada uang tapi Ayah ngga mengajarkan untuk boros. Seperlunya saja kalau pake uang. Terbukti kalau buat gue ya, kaya misalnya keperluan sekolah. Sepatu, kaos kaki, tas, seragam diganti HANYA ketika kenaikan kelas. Kebayang kan? Sementara gue sekolah yang lumayan bonafit lah di kota gue. Salah satu sekolah swasta paling bagus yang notabene muridnya itu kalangan menengah cenderung ke atas dan mayoritas beragama non islam juga chinese gitu (maaf bukan maksud SARA). Temen-temen gue ada yang orangtuanya hanya jualan kopi, yang karyawan di perusahaan besar, yang guru di sekolah itu juga, yang orangtuanya jualan di kantin sekolah itu juga ada. Beragam banget. Waktu itu gue bergaul sama 2 orang (ceritanya anak baru jadi belom punya banyak temen). Temen gue 22nya ini cewek dengan kasta yang berbeda. Sebutlah W dia dari ekonomi yang lebih, maka setiap pergantian caturwulan (sekarang diganti semester) dia selalu pake 'barang' baru. Semua perlengkapan dan peralatan sekolahnya baru. Ya secara dia anak perempuan satu-satunya juga bungsu. Otomatis dimanja. Yang satu lagi sebutlah L dia anak salah satu guru di sekolah kami. Dia dari ekonomi yg cukup. Pernah agak sebal sama dia karena ngerusakin serutan baru gue dan 'ngambil' jam G-Shock baru gue. Huhuuuu.

Dulu masih serba murah jajanannya makanya uang jajan 500 perak aja cukup. Suka iri sama temen yang bawa uang 1000. Hahaaa tapi ngga berani bilang mama.
Ayah Mama menanamkan kedisiplinan sama anak-anaknya. Kalo gue pulang sekolah jam 13.00 dan biasa sampe rumah jam 13.35 telat 20 menit aja ditanyain, dicurigain. Tapi ada bagusnya lah artinya mereka khawatir.
Dulu juga kalo misalnya di rumah ngga ada lauk pauk buat temenin nasi, mama bikinin gue terasi terus di goreng. Mama bilang "ini enak banget loh". Gue percaya aja, dan ternyata memang enak sih. Sampe akhirnya gue sadar ohh mungkin mama lagi ngga punya uang untuk beli lauk makanya menyiasati anaknya supaya tetap bersyukur makan dengan apapun hari ini. Diluar sana masih banyak yang kelaparan, mungutin butiran nasi dari tempat sampah. 

Ketika SMP gue lagi demam Westlife. Semua gue ikutin. Lagunya, terus bikin klipingan nya, posternya, dsb. Sampe pernah karena saking pengen beli kaset nya waktu itu harganya Rp 27.000 dapet 2 kaset. Gue bingung karena ngga punya uang, takut keabisan dan akhirnya ngga sempet punya. Gue pikirin gimana caranya, apa gue harus jualan dulu ya. Akhirnya bilang sama Mama mau minjem uang. Cara bayarnya bisa dipotong dari uang jajan perhari aja selama sebulan. Mama setuju dan ngasih uangnya, gue langsung ngacir ke toko kaset. Kebeli, alhamdulillah tp di toko itu gue liat ada majalah nya juga keluaran terbaru. Di hati gue bertekad "gue harus punya!!"  Kebetulan ada sodara dateng ke rumah gue dapet rezeki, hihiii langsung gue beliin majalah itu. 

Tapi saat Ayah Mama udah ngga ada kehidupan gue ya ngga seindah saat mereka masih ada. 
Meski tergantung dari Mommy, tetep harus dicukup-cukupin. Sampe gue puyeng dengan kegiatan yang makin banyak tapi dana minim. Tetep aja gue usahain buat ngga minta lagi. 
Waktu itu tinggal sama kakak pertama dengan dua anaknya. Dia hanya ibu rumah tangga yang penghasilnnya mengandalkan jualan. Sempet kelaparan, mie instant 2 bungkus harus di bagi 4 orang, makan sehari cuma roti sepotong doank, atau nasi goreng yang hanya pake terasi bubuk. Hmm kebayang ya kalo sekarang? Tapi dulu gue enjoy aja ngga neko-neko. 

Semua berubah 180 derajat ketika gue lulus sekolah dan melanjutkan kuliah di Tangerang dan tinggal sama Mommy sekeluarga. 
Awalnya susah banget beradaptasi sama lingkungan nya. Ini pertama kalinya tinggal di komplek perumahan yang tetangga nya berkarir semua makanya sampe ngga kenal sama tetangga, udah gitu warung pun susah (gue doyan jajan) haha. Terutama sih ngga ada temen yang sepantaran, huftt kelabuuu. Tapi kehidupan gue bisa dibilang sejahtera yee. Makan apa aja bisa beli apa aja juga. Secara Mommy itu memang yang paling diandalkan di keluarga besar berdasarkan pekerjaan nya dan penghasilannya sehingga dia yang biasa membiayai kebutuhan adik-adiknya. Gue bisa tinggal disini dari tahun 2006 hingga sekarang bikin iri saudara yang lain. Banyak deeeh faktornya dan juga cara mereka yang seolah ngga mau kalah dari gue. Tapi ngga usah gue buka disini lah terlalu banyak soalnya wkwwk. 

Tapi kebahagiaan gue yang merasa tercukupi dari segi materi, ternyata tidak terpenuhi dari segi moril dan spiritual. Suasana rumah yang sangat tidak bersahabat buat gue. Meski dirumah itu ada 5 orang jumlahnya tapi gue ngerasa kaya lagi ngekost aja gitu. Pada masing-masing. Makanya kalo weekend yang harusnya kumpul sama keluarga gue kadang memilih untuk pergi sama temen-temen karena dengan merekalah gue bisa gila-gila an, ketawa ketiwi, have fun banget pokoknya. Sementara kalo pergi sama keluarga tetep aja mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Sama aja bohong kan? 
Sebisa mungkin gue menghindari suasana rumah di weekend. Kalo temen ngga bisa diajak jalan bareng, ya gue pergi sendiri ngiterin mall seharian. Entah baca buku di toko buku, atau nongkrong sampe bosen di tempat makan, ato beli apa kek yang sebenernya ngga penting buat dibeli. Atau juga pergi keluar kota sama kakak gue yang lain nya. Biar ngga jenuh aja soalnya kerja ngga boleh, bisnis banyak pertimbangannya, kuliah lagi gue udah ngga minat udah ngebet nikah kali haha. 
Yaahhh dan inilah alasan gue ngeblog dengan judul ini. 

Gue jadi bisa membedakan ketika dulu hidup sangat berkecukupan, tapi dapet kasihsayang dan perhatian yang sangat banyak sampe gue deket banget sama Ayah Mama. Itu kebahagiaan yang ngga bisa dibeli dengan apapun termasuk dengan uang besar sekalipun. 
Sebaliknya sekarang kebutuhan materi terpenuhi dari berbagai segi tapi kebersamaan ngga gue dapet. Artinya kan uang itu ngga bisa membeli segalanya meski segalanya pake uang?

Bisa diambil hikmahnya... Kalau gue udah berumahtangga insyaallah aamiin, pengennya hidup yang berkecukupan saja, sebisa mungkin selalu berkomunikasi dan tidak ada uang disembunyikan dari pasangan. Dan ingin menanamkan kebersamaan sama anak-anak gue kelak. Gue ngga mau anak gue mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih tapi mereka ngga peduli dengan keadaan rumah apalagi orangtuanya. Semua itu harus seimbang, orangtua harus mendampingi anaknya dalam kegiatan apapun didalam rumah maupun diluar sebisa mungkin ikut di kontrol. Begitupun anak, harus peka dengan orangtuanya mereka harus membiasakan diri terbuka sama orangtua mengenai apapun. Jadinya ngga akan ada miss communication atau 'tau dari oranglain' padahal serumah, kan bahaya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar dibawah sini ya ^^,